Koprodi Doktor Kajian Budaya Prof. I Nyoman Darma Putra (berdiri, nomor tiga dari kanan) bersama Dekan dan Koprodi baru FIB Unud, 2022-2026.

Fakultas Ilmu Budaya pada Rabu, 19 Januari 2022 menyelenggarakan kegiatan pisah kenal seluruh kaprodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin silaturahmi antara koprodi di lingkungan FIB yang purna tugas dengan koprodi yang akan menapaki tugas baru, periode 2022-2026

Dalam kesempatan itu, diperkenalkan 12 koprodi baru di lingkungan FIB Unud. Sebagai Koprodi untuk Prodi Doktor (S3) Kajian Budaya adalah Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., menggantikan Prof. Dr. AAN Anom Kumbara,M.A. Sebelumnya, Prof. Darma Putra pernah menjadi Koprodi Magister (S2) Kajian Pariwisata Unud, 2014-2017.

Prof. Darma Putra saat memberikan sambutan mewakili koprodi baru.

Dosen Prodi sastra Indonesia yang banyak menulis buku budaya dan pariwisata ini sebelumnya juga mengajar di S-2 dan S-3 Pariwisata Fakultas Pariwisata dan S-2 dan S-3 Prodi Kajian Budaya FIB Unud.

Ke-12 Koprodi baru tersebut adalah:

1. Koprodi S-3 Linguistik: Prof. Dr. Ketut Artawa, M.A.

2. Koprodi S-3 Kajian Budaya: Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.

3. Koprodi S-2 Linguistik: Dr. Ketut Widya Purnawati, M.Hum. 

4. Koprodi S-2 Kajian Budaya: Dr. I Wayan Tagel Eddy, M.S.

5. Koprodi Sastra Indonesia: Dr. I G.A.A. Mas Triadnyani, S.S., M.Hum.

6. Koprodi Sastra Bali: Drs. I Ketut Ngurah Sulibra, M.Hum.

7. Koprodi Sastra Jawa Kuna: Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum.

8. Koprodi Sastra Inggris: Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum.,

9. Koprodi Arkeologi: Dr. Ni Ketut Puji Astiti Laksmi, S.S., M.Si.

10. Koprodi Sejarah: Anak Agung Inten Asmariati, S.S., M.Si.

11. Koprodi Antropologi: Aliffiati, S.S., M.Si.

12. Koprodi Sastra Jepang: I Made Budiana, S.S., M.Hum.

Bangun Kerja Sama

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh koprodi yang telah memasuki masa purna tugas. Selama ini para koprodi yang telah purna tugas sudah membangun kerja sama yang sangat baik, sehingga berbagai kegiatan dan pelayanan dengan sangat maksimal.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.

“Kita tahu bersama bahwa mengemban tugas sebagai pimpinan bukanlah tugas yang mudah. Tentu banyak hal yang harus kita penuhi dalam kaitannya dengan kontrak kinerja. Hal mendesak lainnya adalah kurikulum, kita sudah tahu bahwa kita telah memperbaharui kurikulum. Perlu kita lihat lagi kemutakhiran kurikulum kita, perlu kita sesuaikan lagi dengan perkembangan serta kebutuhan zaman,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

Ucapan Terima Kasih

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan dari koprodi yang telah purna tugas. Perwakilan koprodi yang purna tugas diwakili oleh Prof. Dr. I Ketut Artawa, M.A. Dalam sambutannya, Prof. Artawa menyampaikan ucapan banyak terima kasih selama bertugas menjadi koprodi.

Prof. Dr. I Ketut Artawa, M.A.

“Menjadi koprodi memang banyak tantangannya, tapi yang terpentingan adalah bagaimana kita bekerja sesuai sistem. Banyak hal yang menjadi kendala,utamanya bagaimana melakukan menajemen mahasiswa agar lulus tepat waktu. “ ungkap Prof. Artawa.

Kepercayaan

Selanjutnya Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M. Litt., menyampaikan pesan dan kesan sebagai Koprodi Doktor Kajian Budaya. Dalam sambutannya Prof. Darma Putra menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberi kepercayaan mengemban tugas sebagai kaprodi.

Koprodi lama dan baru.

“Sebagai antisipasi untuk memenuhi kontrak kinerja khususnya bidang akademik, sebaiknya kita bekerja berdasarkan 3 S. Pertama kita harus bekerja sesuai sistem, kedua kita harus bekerja dengan senang, dan yang terakhir tentu saja kita berharap akan sukses. Terakhir, kita harus siap untuk bekerja bersama-sama untuk memajukan bersama-sama lembaga yang kita cintai,” ungkap Prof. Darma Putra.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyerahkan kenang-kenangan kepada para koprodi yang purna tugas. Kenang-kenangan sederhana sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh kaprodi yang telah bersama-sama membangun lembaga selama menjabat. (gp)

Diolah dari sumber: https://fib.unud.ac.id/posts/pisah-kenal-koprodi-dekan-fib-harapkan-kerja-sama-semakin-solid

baca juga: https://fib.unud.ac.id/posts/dekan-fib-unud-memberikan-arahan-kepada-koprodi-baru-periode-2022-2026