Ogoh-ogoh hanoman.

Hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang jatuh Sabtu, 17 Maret 2018 sudah sebulan lewat, namun ogoh-ogoh berbentuk hanoman masih menghiasi terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai.

Ogoh-ogoh adalah patung ukuran besar yang diarak keliling desa dalam acara pangerupukan untuk mengusir kekuatan jahat sehari menjelang hari suci Nyepi. Usai diarak, ogoh-ogoh biasanya dibakar atau dipajang sebagai karya seni.

Untuk arak-arakan serupa tahun berikutnya, warga biasanya kembali membuat ogoh-ogoh. Urusan membuat dan mengarak ogoh-ogoh dilakukan para pemuda komunitas banjar.

Malam itu Senin, 9 April 2018, saya hendak menuju Tokyo lewat Singapura. Saat melenggang di sela-sela toko di terminal keberangkatan international, saya melihat ogoh-ogoh Hanoman.

Begitu juga wisatawan yang pulang ke negerinya lewat di bandara internasional Ngurah Rai. Hari-hari ini, mereka masih bisa melihat ogoh-ogoh di sana. Otoritas bandara memajangnya di halaman melenggang menuju ruang tunggu. Ogoh-ogoh yang mengambil wujud hanoman alias kera putih itu tampak indah dan estetik.

Tahun lalu otoritas bandara Ngurah Rai juga memajang ogoh-ogoh serangkaian perayaan Nyepi.   Bentuknya adalah raksasa. Tahun ini sosok hanoman yang dipilih.

Ogoh-ogoh hanoman dipajang dalam ketinggian sehingga mudah terlihat dalam keramaian. Di bawahnya ada penunjang berhiaskan patung naga. Seni budaya Bali terpromosikan lewat eksibisi ini.

Beberapa turis menatap dan berfoto dengan latar belakang ogoh-ogoh. Ada juga yang selfi.

Hari Paskah

Selain hiasan ogoh-ogoh, ruang melenggang terminal keberangkatan juga berhiaskan tema Paskah atau Easter, hari suci Kristen yang jatuh 1 April 2018. Di sana sini ada easter bunny dan hiasan telur coklat yang indah warna-warni.

  • Easter bunny

Hiasan bertema ogoh-ogoh dan easter tak hanya memperindah ruang secara aktual tematik, tetapi juga sebagai sarana promosi seni budaya.

Kesan pertama dan terakhir turis ditentukan oleh apa yang dilihat pertama dan terakhir di bandara. Hiasan-hiasan tematik seperti ogoh-ogoh dan hiasan yang berkaitan dengan perayaan Easter itu akan memberikan kenangan khusus bagi penumpang (Darma Putra).