Terbit akhir Mei 2021

Buku Heterogenitas Sastra di Bali (2021) karya I Nyoman Darma Putra ini mengungkapkan kekayaan dan heterogenitas sastra di Bali, dengan membahas secara sosial-historis tiga jenis sastra: sastra Indonesia, sastra Bali tradisional, dan sastra Bali modern.

Selain sejarah perkembangan masing-masing genre, buku ini juga membahas saling-pengaruh antara ketiga genre sastra tersebut dalam keniscayaan intertekstualitas.

Topik-topik yang dikaji lewat 15 bab, antara lain perkembangan sastra Indonesia di Bali sejak zaman kolonial sampai sekarang, puisi Indonesia di Bali pada zaman kolonial, sastra Indonesia di Bali tahun 1950-an, peran Umbu Landu Paranggi dalam kebangkitan puisi di Bali; masa keemasan (versus kecemasan) sastra Bali tradisional, seratus tahun sastra Bali modern, perkembangan teater di Bali lewat sosok Abu Bakar, analisis drama berbahasa Bali, fenomena penerjemahan, dan penerbitan buku sastra Bali modern dewasa ini.

Uraian ditutup dengan memperkenalkan konsep pasatmian, istilah yang berarti adanya persatuan dari unsur-unsur sastra yang heterogen yang terjadi karena pengaruh atau adaptasi.

Ditulis dengan bahasa yang lugas dan logis serta kaya akan data primer, buku ini enak dibaca dan mencerahkan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, peneliti, dan peminat sastra khususnya dan kebudayaan Bali pada umumnya.

Artikel-artikel dalam buku ini awalnya merupakan makalah yang disampaikan dalam berbagai seminar di Denpasar atau Jakarta. Ada juga artikel yang disarikan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi. Namun demikian, semua artikel mengalami revisi dan pembaruan data dan kerangka sehingga bisa dimuat sesuai dengan tema buku.

Terima Kasih

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Udayana, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Udayana, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana, dan Korprodi Sastra Indonesia FIB Universitas Udayana atas fasilitas dan motivasi untuk mengadakan penelitian dan publikasi. Beberapa aartikel dalam buku ini merupakan hasil riset yang dibiayai dana riset Universitas Udayana.

Dalam menerbitkan buku ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai teman, baik dalam proses penyuntingan maupun komentar dalam hal isi. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada teman-teman termasuk I Dewa Gde Windhu Sanjaya, I Made Sujaya, I Gede Gita Purnama, Sri Jayantini, Putu Eka Gunaya Yasa, I Nyoman Wahyu Angga Budi Santosa, dan Nyoman Yulia Pratiwi.

Apresiasi juga disampaikan kepada Nova Rabet atas rancangan desain sampulnya; kepada pelukis Made Kaek yang mengizinkan untuk menggunakan karya lukisannya sebagai ilustrasi sampul; dan kepada sahabat Slamat Trisila yang mengurus keseluruhan proses pra-cetak buku ini.

Tanpa batuan mereka, buku ini tidak mungkin ada seperti sekarang. Meskipun demikian, bila masih ada kekurangan hal terjadi karena penulis. Saran dan kritik konstruktif akan sangat diapresiasi. Selamat membaca (Darma Putra).