Komunitas Bali di Gold Coast, Australia, merayakan Nyepi Sabtu, 6 Maret lalu 2010. Hari Nyepi atau Tahun Baru Caka sendiri jatuh 16 Maret 2010.

Perayaan Nyepi di Gold Coast dimotori oleh Nyoman Suma Ardika dkk. Acaranya dipusatkan di Broad Beach (dekat Jupiter Casino) dengan melakukan persembahyangan di pantai dan pementasan tari Bali.Kelompok gamelan Bali dari Toowoomba, sekitar 150 km dari Gold Coast, juga hadir memeriahkan acara kesenian.

Selain sembahyang, acara juga diisi dengan pementasan kesenian Bali dan ramah tamah menikmati masakan Bali.

Sejumlah hadirin diundang khusus untuk datang, termasuk tentunya perwakilan Pemerintah RI di Australia.
Namun, karena adanya rencana kunjungan Presiden SBY dan rombongan ke Australia pada hari Selasa dan Rabu lalu, Konjen Sydney mewakilkan kehadirannya ke Konsul (Pak Kiki) dan Wakil Konsul (Pak Dhany) Pensosbud.
Tahun lalu, untuk perayaan serupa di Paradise Point, Gold Coast, Dubes Republik Indonesia (Bapak Primo) dan  Konjen (Bapak Sudaryomo) beserta rombongan menyempatkan hadir. Selain itu, hadir juga Presiden Perhimpunan Indonesia Queensland (PIQ), Hendry Baiquni. Laporan Nyepi tahun 2009, bisa diklik di sini: http://dasarbali.wordpress.com/2009/03/21/prosesi-%E2%80%98melasti%E2%80%99-masyarakat-bali-di-australia/

Adalah tradisi tahunan bagi masyarakat Bali di Gold Coast dan Brisbane untuk merayakan Nyepi dan hari Hindu lainnya khususnya Galungan dan Kuningan. (darma putra)